Senin, 03 Juni 2013

National Health Essay Competition

a.    Deskripsi Umum
   National Health Essay Competition merupakan rangkaian dari acara Nursing Fair Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. National Health Essay Competitionmemberikan fasilitas kepada mahasiswa Indonesia untuk merepresentasikan hasil analisisnya mengenai keilmuwan bidang kesehatan dalam bentuk kompetisi pembuatan essai berskala nasional. Selain untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam keilmuwan dalam bidang kesehatan khususnya mengenai terapi spiritual , National Health Essay Competition dengan tema ”Terapi Spiritual sebagai Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Ibu Hamil” berupaya untuk mendukung program pemerintah Millenium Development Goals (MDGs) melalui pengembangan intervensi keperawatan untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil.
b.   Nama Kegiatan                       
National Health Essay Competition
c.    Tema                
Terapi Spiritual sebagai Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Ibu Hamil
(Terapi spiritual yang dimaksud adalah terapi yang menyadarkan kembali manusia, dari mana ia berasal, apa yang harus dilakukan selama hidup dan dapat menenangkan jiwa manusia. Terapi spiritual yang dimaksud bukan berarti terapi yang dilakukan oleh dukun atau pemuka agama)
c.    Syarat dan Ketentuan Lomba
1)   Peserta Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia. Maksimal mahasiswa semester 7.
2)   Peserta masih terdaftar sebagai mahasiswa aktif di Universitas dengan bukti scan KTM
3)   Peserta adalah perorangan (individu).
4)   Peserta diperbolehkan mengirim lebih dari 1 karya.
5)   Peserta yang masuk dalam 5 besar (grand final) wajib mengikuti seluruh rangkaian acara Nursing Fair tanggal 27-29 September 2013
d.   Alur Pendaftaran
1.      Peserta mengisi formulir pendaftaran
2.      Peserta membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,00 per judul, dapat diserahkan langsung ke Panitia Nursing Fair atau via transfer ke :
BRI a.n Destini Puji Lestari
No rek : 3765-01-025919-53-6
Peserta dapat melakukan konfirmasi pembayaran ke CP yang tersedia.
3.      Naskah essay dikirimkan ke email panitia nursingfair@yahoo.com  dengan melampirkan :
-          Formulir pendaftaran
-          Scan Kartu Tanda Mahasiswa
-          Scan bukti pembayaran
-          Foto 3 X 4 terbaru memakai almamater
Dikirimkan maksimal tanggal 29 Juli 2013 dengan format nama file essay adalah Judul Essay_Nama Penulis_NamaInstitusi_Essay 1, Essay 2, atau Essay 3 (jika mengirimkan lebih dari satu essay), contoh : Keefektifan Terapi Spiritual Self-Management pada Ibu Hamil dengan HIV/AIDS_Miski Fahmiatul Masruroh_Universitas Diponegoro_Essay 1
Jika sudah mengirimkan file via email konfirmasi CP Essay Competition
e.    Ketentuan Kompetisi
Ketentuan Umum
1)   Karya yang diikutsertakan harus merupakan hasil karya orisinil dari peserta kompetisi menulis “National Health Essay Competition” dan bertanggung jawab penuh terhadap hasil karyanya tersebut apabila ditemukan adanya plagiarisme.
2)   Karya belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, baik dimedia cetak maupun elektronik. Dewan Juri berhak mendiskualifikasi jika menemukan essay yang pernah dipublikasikan sebelumnya.
3)   Apabila di kemudian hari peserta melakukan pelanggaran atas ketentuan dan persyaratan lomba tertulis, dan terbukti merupakan karya plagiat/bukan hasil karya peserta sendiri, pemberian data yang keliru dan/atau tidak benar, maka peserta akan didiskualifikasi.
Sistem Seleksi
1)      Seleksi berkas administratif.
2)      Penyisihan :
                                a)          Naskah dikirim ke email resmi panitia sesuai dengan ketentuan mekanisme pengiriman berkas perlombaan sampai batas waktu yang telah ditentukan
Naskah yang telah diterima oleh panitia akan dinilai oleh dewan juri, dan akan disaring menjadi lima naskah terbaik yang berhak lolos ketahap selanjunya.
                                b)          Pengumuman 5 besar peserta akan diumumkan lewat blog resmi Nursing Fair 2013 dan lewat email ataupun SMS ke peserta pada tanggal 27 Agustus 2013.
3)      Grandfinal :
a)        Peserta akan disaring menjadi 5 besar, 5 peserta tersebut akan diundang ke Universitas Diponegoro Semarang untuk mengikuti babak final. Babak final dilakukan di Universitas Diponegoro Semarang.
b)        Peserta yang lolos menuju tahap presentasi wajib melakukan daftar ulang dengan menunjukkan bukti slip pembayaran asli, kartu mahasiswa, dan mengumpulkan slide presentasi pada saat Technical Meeting.
c)        Peserta berpakaian rapi, sopan, bersepatu, dan memakai jas almamater universitas masing – masing pada saat acara berlangsung.
d)       Peserta akan tampil dan mempresentasikan karya tulisnya dihadapan tiga dewan juri, yang berasal dari kalangan dosen dan praktisi klinik. Alokasi waktu presentasi masing-masing peserta adalah:
·                Presentasi karya tulis maksimal 10 menit.
·                Tanya jawab selama 20 menit
·                Peserta membuat bahan presentasi dalam powerpoint atau sejenisnya, peserta juga diperbolehkan membawa media pendukung.
e)        Peserta yang tidak hadir pada saat presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis dan keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
f)         Keputusan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat.

f.     Kriteria penilaian
·         Orisinalitas
·         Inovasi
·         Kesesuaian isi dengan tema
·         Sistematika isi
·         Retorika
g.      Juri
Juri berasal dari kalangan dosen dan jurnalis

h.      Hadiah
Juara 1 : Rp 1.500.000,00
Juara 2 : Rp 1.000.000,00
Juara 3 : Rp   750.000,00

i.        Jadwal Pelaksanaan
Pendaftaran dan pengiriman berkas : 3 Juni- 29 Juli 2013
Seleksi tahap I : 4 Agustus- 25 Agustus 2013
Pengumuman pemenang tahap I : 27 Agustus 2013
            Grand final : 27-29 September 2013
j.        Lampiran
-          Formulir Pendaftaran
-          Format Penulisan Essay



Tidak ada komentar:

Posting Komentar