Sabtu, 21 September 2013

PETUNJUK PELAKSANAAN DEBAT


1.    Debat dilaksanakan dalam format Australasian Parliamentary Debate
2.    Masing masing tim terdiri dari 3 anggota
3.    Masing-masing pembicara diberikan waktu 7 menit untuk menyampaikan argumen
4.  Masing-masing tim diberikan waktu 5 menit untuk menyampaikan reply speech. Reply Speech hanya boleh disampaikan oleh pembicara pertama atau kedua, tidak boleh pembicara ketiga.
5.    Tidak diperkenankan adanya Points of Information (interupsi)
6.    Akan ada 2 babak preliminary, 1 babak semifinal, dan 1 babak final.
7. Kriteria penilaian terdiri atas isi argumen,cara penyampaian argumen, dan strategi argumentasi team.
8.    Motions untuk debat akan diberikan kepada peserta. Namun demikian, pilihan motion yang akan dipertandingkan dalam tiap-tiap babak baru akan diumumkan tepat sebelum case building time dimulai.
9.    Peserta diperkenankan melakukan research mengenai motions yang sudah dipersiapkan oleh tim juri dan sudah diberikan kepada peserta sebelum hari pelaksanaan lomba.
10. Peserta akan diberikan waktu 20 menit sebelum debate dimulai guna melakukan case building. Pada saat case building peserta dilarang menggunakan alat elektronik apapun. Hanya materi cetak (printed material) berupa buku,kamus, materi cetak dari internet, surat kabar dan sejenisnya yang boleh dibawa. Pada saat case building peserta sebaiknya membuat catatan tangan berisi poin-poin yang akan disampaikan saat memberikan argumen.
11. Pada saat maju menyampaikan argumennya, peserta hanya diperkenankan membawa catatan tanggan yang dibuat selama case building.
12. Keputusan kemenangan ada di tangan juri, bersifat tetap dan tidak dapat diganggu gugat.
13. Jika ada pertanyaan lebih lanjut terkait petunjuk teknis pelaksanaan lomba, harap segera disampaikan ke panitia penyelenggara dan akan diteruskan ke pihak juri.
14. Apabila ada peraturan tambahan maka akan diumumkan sesuai dengan keperluan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar